Ini Cara Publish Blog Posting Setiap Hari

by retnolestari

Menulis blog tiap hari apakah memungkinkan di tengah kesibukan pekerjaan, mengurus rumah tangga, mengerjakan bisnis sampingan, dan segudang kegiatan lainnya? Jawabanya adalah SANGAT MEMUNGKINKAN.

Ada beberapa tips yang efektif untuk menulis dan memplublish postingan di blog setiap hari secara teratur yang telah saya terapkan untuk blog yang lain dan manajemen konten sosial media yang saya pegang. Ini dia caranya:

  1. Batching
    Batching artinya adalah mengumpulkan pekerjaan di satu waktu untuk kemudian dirilis atau dipublish dalam beberapa waktu ke depan yang telah kamu tentukan. Bukan saja menjaga konsistensi, metode batch juga bisa menghemat waktu karena kamu bisa merencanakan posting dan mempromosikannya jauh-jauh hari. Ini akan membuat kamu bisa mendapatkan lead magnet untuk semakin menarik pembaca.

    Misalnya kamu merasa kesulitan untuk meluangkan waktu menulis setengah jam hingga satu jam sehari. Maka kamu bisa melakukan batch menulis sekali dalam seminggu, misalnya pada hari libur kerja kamu. Luangkan waktu beberapa jam untuk menghasilkan lebih dari 3 tulisan. Ini tergantung seberapa cepat kamu menulis dan seberapa siap kamu dengan materinya.

  2. Buat Jadwal Menulis Seminggu Lebih Awal
    Untuk kamu yang baru saja menulis blog, kamu akan tergoda untuk menulis, lalu langsung mempublish. Ini membuat kamu seperti ada dalam sistem kejar tayang, yang nantinya akan membuat kamu lelah dan menurunkan semangat menulis. Tulis artikel untuk naik di minggu depan pada minggu ini. Lebih bagus lagi kalau kamu bisa meluangkan waktu seharian dan menulis untuk dipublish dalam waktu sebulan. Tentu ini juga tergantung berapa kuantitas artikel dalam sebulan yang akan kamu publish.

  3. Tulis Artikel Yang Senada
    Di blog-blog saya terdahulu, saya menulis dengan mencampur semua topik. Akhirnya otak saya jadi pusing karena harus memahami satu topik dan berlanjut dengan topik lainnya dalam waktu berdekatan. Kalau kamu perhatikan nanti, 7 postingan awal saya di blog “baru tapi lama” ini adalah mengenai blogging, karena saya hanya perlu mempersiapkan materi soal blogging dan tidak yang lainnya.

  4. Timer Durasi Menulis
    Taukah kamu berapa lama kecepatan kamu menulis artikel? Kalau tidak, timer dalam 5 kali penulisan artikel, untuk tau berapa rataannya. Nah dari sini kamu bisa memperkirakan waktu yang kamu butuhkan perharinya atau per minggunya jika kamu memilih metode batching. Semakin cepat menulis, tentu kamu akan semakin produktif.

  5. Kumpulkan Riset Semua Topik, Baru Menulis
    Satu hal yang saya pelajari saat saya menjadi jurnalis televisi adalah bahwa kita harus melakukan pre-produksi dulu baru melakukan produksinya. Ini saya terapkan dalam metode penulisan essay dan disertasi saya untuk kuliah S2 saya. Ketika saya dapat tugas, saya akan baca instruksinya lalu saya kumpulkan semua bahannya. Saya baru akan menulis jika saya merasa semua sudah terkumpul untuk mendukung argumentasi saya. Dulu saya kebiasaan menulis langsung sambil riset. Hasilnya tulisan saya tidak berstruktur dan akhirnya tidak enak dibaca. Jadi kamu bisa membuat jadwal dalam satu bulan, misalnya:
    Minggu 1: Riset
    Minggu 2: Menulis
    Minggu 3: Riset
    Minggu 4: Menulis

  6. Kumpulkan Materi Pendukung Saat Riset
    Saat riset, sebaiknya kamu kumpulkan sekalian materi pendukung seperti foto, video, grafis, dan lain-lain. Sehingga ketika kamu menulis, kamu bisa fokus dan cepat menyelesaikannya. Buat kamu yang perfeksionis, biasanya ingin sekali memberikan foto atau ilustrasi yang benar-benar bagus dan sesuai dengan apa yang kamu tulis. Ini bisa memakan banyak waktu. Intinya, saat menulis, jangan melakukan hal yang lainnya.

  7. Gunakan Fitur Autopublish
    Saat tulisan kamu sudah siap, jadwalkan kapan kamu ingin mempublish tulisan. Dalam satu jam saya bisa menghasilkan 1 tulisan dan saya menjadwalkan publish otomatis sehari sekali dengan waktu yang berbeda karena saya ingin melakukan riset, jam berapa postingan yang bisa mendapatkan banyak pembaca.

Itu dia tips yang biasa saya ikuti untuk menulis baik itu untuk blog, media sosial, essay, maupu berbagai tugas kerja dan pendidikan yang saya jalani.

Kalau kamu ada tips lainnya yang efektif, boleh dong berbagi di kolom komentar,,,,

You may also like

Leave a Comment