Design Wordpress Dengan WPBakery Page Builder dan Elementor

by retnolestari

Sebagai blogger newbie yang baru mulai membuat blog lagi, saya jadi harus banyak belajar lagi soal perkembangan blog terutama Wordpress karena inilah platform yang saya gunakan.

Seperti yang saya tulis di postingan sebelumnya, utak atik template adalah salah satu hal menyenangkan yang saya sukai. Kalau dulu saya cuma bisa berkreasi di fitur custumized dan widget, kini saya bisa lebih mengeksplore template dengan WPBakery Page Builder dan Elementor.

Apa sih bedanya kedua plugin ini? Mana yang lebih bagus? Bagi saya pengguna baru dan tidak paham sangat soal teknis, kedua builder plugin ini punya manfaat masing-masing. Saya akan bahas singkat satu per satu berdasarkan pengalaman saya:

  1. WPBakery Page Builder
    Untuk bisa mendapatkan WPBakery Page Builder, setau saya, kita harus menggunakan template yang menyertakannya. Kalau engga, maka kita perlu mendownload plugin dan membayarnya karena WPBakery Page Builder ini jadi premium.


    Saya suka WPBakery Page Builder ini untuk membuat layout blog yang saya inginkan karena tinggal drag and drop dan mengutak atik settingnya. Buat homepage blog saya ini, saya pakai WPBakery Page Builder di backend editor supaya tampilannya lebih tampak profesional.

  2. Elementor
    Elementor adalah plugin freemium yang bisa kita download untuk berbagai template. Menggunakan versi freenya aja sudah cukup buat saya, karena Elementor ini saya pakai untuk membuat page seperti About Me dan nanti akan menyusul template-template lainnya.

    Untuk Elementor, kita bisa lebih bebas mendesign karena kita benar-benar bisa memulainya dengan page kosong. Tapi, karena alasan ini juga, kita jadi dituntut untuk punya kemampuan design sekaligus teknis yang saat ini masih terus saya asah.


Buat saya blogger newbie yang senang coba-coba tapi nggak terlalu paham teknis, dua builder di atas amat sangat membantu. Saya pernah coba builder lain tapi bikin saya bingung.

Mungkin kamu punya tips utak atik template Wordpress lainnya? Let me kow…




You may also like

Leave a Comment