READING

Cara Membuat Link Bio Instagram Sendiri

Cara Membuat Link Bio Instagram Sendiri

Sebagai seorang self-employed atau pebisnis pemula segalanya harus dikerjakan sendiri karena minim modal. Mau nggak mau apapun ya harus dipelajari meskipun awalnya pusing dan nggak ngerti.

Salah satu skill penting yang harus dipelajari oleh pebisnis pemula adalah segala hal yang berhubungan dengan digital marketing atau yang berurusan dengan media sosial seperti website, blog, Instagram, Youtube, Podcast, dan masih banyak lainnya.

Baru-baru ini, karena saya pengen bisa cross promo semua platform yang saya punya, saya kepikiran untuk naro berbagai link di bio Instagram. Dulu-dulu, saya pasti pake linktree dan sejenisnya, karena tinggal taro link-linknya. Tapi kok kurang efektif mendatangkan trafic.

Nah, saya pun mencoba mencari-cari informasi di Pinterest seperti biasanya. Dari riset ini, saya ketemu dua cara untuk membuat Instagram Bio Link yakni dengan Canva dan dengan membuat page di WordPress.

Saya akan membahas kedua cara ini dan nanti akan kasih info mana yang akhirnya saya pilih.

1. Menggunakan Template Instagram Bio Link di Canva
Kalau kamu browsing bio link di Canva, maka akan muncul banyak template bio link yang free dan bisa didownload bebas.

Nah kamu bisa memodifikasi, lalu memasukkan link-link yang kamu ingin munculkan seperti pada gambar di bawah ini.


Setelah desain Instagram Bio Link sesuai dengan keinginan kamu, maka kamu bisa mengklik download – website – scrolling. Lalu muncullah page Instagram Bio dengan url Canva yang cukup panjang. Kamu bisa memendekkan url dengan tool penyedia url shorten seperti bit.ly, tiny url, dan sebagainya.


Lalu taruh link di bio Instagram. Yes, semudah itu.

Tapi kekurangannya, saat kamu mengklik link yang sudah kamu embed di dalam page, kalau link tersebut tidak terafiliasi dengan Canva, maka akan ada page peringatan lebih dahulu. User journeynya jadi lebih lama.

Ketika link MY BLOG, misalnya, muncul page ini…


Kemudian saya cari akal, gimana caranya saya bisa tetap pakai template yang s ada di Canva, tetapi ketika link diklik, langsung menuju website yang saya inginkan. Lalu saya bertemulah cara kedua berikut ini.

2. Menggunakan Page di WordPress
Buat kamu yang sudah sering bermain Page di WordPress, tentu kamu tau kalau kamu bisa membangun desain page sendiri. Saya menggunakan plugin Elementor untuk membuat page Instagram Bio Link, memanfaatkan template Instagram Bio Link dari Canva karena saya tidak mau menghabiskan banyak waktu untuk mendesign.

Caranya begini: di Canva, saya kosongkan tulisan yang ada di template supaya nanti bisa ditambahkan tulisan di Page WordPress. Lalu setelah templatenya seperti di bawah ini, saya download dalam format PNG.


Langkah selanjutnya, saya membuka Add New Page di WordPress dan kemudian memberi judul slug, sebelum saya edit dengan Elementor.


Setelah saya membuka Elementor, saya mengklik tombol di bawah kiri ini untuk mengubah page layout menjadi Canvas Elementor.

Mengubah page layout menjadi Elementor Canvas lalu mengunggah PNG dari Canva


Lalu saya mengklik satu box ini dan kemudian memasukkan Image. Lalu saya unggah PNG dari Canva tadi. Saya memasukkan Heading lalu menulis judul-judul link yang ingin saya munculkan dalam template Instagram Bio Link.

Saya memasukkan link-link ke dalam kolom yang disediakan.

Memasukkan link ke masing-masing title


Dan kemudian saya mengklik tombol responsive mode di kiri bawah untuk mengedit versi mobile dan tabletnya.

Setelah designnya sesuai dengan mau saya, saya klik tombol update, dan voila. Jadilah template yang saya mau. Lalu linknya sudah bisa saya taro di Instagram saya.

Cara yang kedua akhirnya saya pilih karena linknya hasil akhirnya bisa memperpendek user journey dan juga bisa meningkatkan traffic ke website saya.

Semoga postingan ini bermanfaat!


I am the Co-Founder of SAVSKIN and TransforMe and the Co-Writer of a scholarship book called Rahasia Pemburu Beasiswa.

RELATED POST

Your email address will not be published. Required fields are marked *

By using this form you agree with the storage and handling of your data by this website.